MEMBUAT SEIMBANG MASSA-MASSA YANG BERPUTAR

MEMBUAT SEIMBANG MASSA-MASSA YANG BERPUTAR

PENDAHULUAN
Kita telah mempelajari gaya kelembaman dalam berbagai mekanisme. Efek dari gaya kelembaman yang mengakibatkan gaya getar pada suatu struktur juga dibahas. Pernyataannya sekarang adalah apa yang dapat diperbuat oleh gaya getar tersebut. Adalah mungkin untuk membuat keseimbangan keseluruhan atau sebagian saja gaya kelembaman dalam suatu sistem, yaitu dengan memberikan massa tambahan yang melakukan aksi terhadap gaya aslinya. Prosedur ini dipakai pada dua macam persoalan yang berbeda. Yang pertama adalah sistem massa berputar, seperti dilukiskan oleh roda-roda mobil atau poros engkol dari mobil, dan yang kedua adalah suatu sistem dari massa yang bolak-balik seperti dilukiskan oleh mekanisme engkol peluncur.

MASSA BERPUTAR TUNCGAL

Untuk melukiskan prinsip-prinsip yang terlibat, kita mulai dengan memperhatikan Gambar berikut,

 
 



 di mana suatu poros mendukung sebuah massa terpusat tunggal M dengan jari-jari R, Misalkanlah Me adalah massa yang harus ditambahkan pada suatu jari-jari Re   untuk menghasilkan keseimbangan.
a.      Keseimbangan statis akan dihasilkan jika jumlah momen dari gaya gtavitasi terhadap sumbu Putaran adalah nol:
-          MgR cos ϴ + MegRe cos ϴ = 0
Atau          MeRe = MR    ………………………………….. (1)

Jika harga dari Re dipilih secara sembarang, maka harga Me dapat ditentukan dengan persamaan (1). Pada waktu keseinibangan stalis terjadi, porosnya tidak akan mempunyai kecenderungan untuk berputar pada bantalannya, tidak peduli ke posisi mana ia berputar.

b.      Keseimbangan dinamis membutuhkan bahwa jumlah gaya kelembaman dalam Gambar 1 adalah nol. Jadi jika kecepatan sudutnya adalah ω,
MRω2 -  MeRe ω2 = 0
   MeRe = MR             ………………………………….. (2)
Dari persamaan-persamaan (1) dan (2) kita lihat bahwa keseimbangan statis dan dinamis akan dicapai jika kita membuat
MeRe = MR


BEBERAPA MASSA BERPUTAR DALAM BIDANG MELINTANG YANG SAMA

Dalam Gambar dibawah ini M1 , M2 dan M3 adalah massa terpusat semuanya terletak dalam bidang putaran yang sama.



Me menyatakan massa yang harus ditambahkan pada suatu jari-jari Re dan posisi menyudut ϴ2 untuk menghasilkan keadaan seimbang.
a.      Un­tuk keseimbangan statis jumlah momen dari gaya gravitasi yang disebabkan oleh massa orisinilnya dan massa yang ditambahkan Me terhadap sumbu putaran haruslah = 0

Σ M g R cos ϴ + Me g Re  cos ϴe = 0
Σ M R cos ϴ + Me Re  cos ϴe = 0                            …………………………..(3)
                                              
b.      Untuk keseimbangan dinamis gaya kelembamannya harus dalam keadaan seimbang, oleh karena itu jumlah dari komponen :
1.      horisontalnya harus= 0, jadi
Σ M R ω2 cos ϴ + Me Re ω2 cos ϴe = 0     …………………………..(4)

2.      vertikalnya harus sama dengan nol; jadi
Σ M R ω2 sin ϴ + Me Re ω2 sin ϴe = 0 …………………………..(5)

Jika kita bagi persamaan (4) dan (5) dengan ω2, kita peroleh :
Σ M R cos ϴ + Me Re  cos ϴe = 0
Σ M R sin ϴ + Me Re  sin ϴe = 0                  …………………………..(6)





Contoh 1
Untuk rotor yang ditunjukkan dalam Gambar dibawah ini harga dari massa-massa M1 , M2 dan M3 jari-jari putarannya R1 R2 dan R3 dan posisi menyudutnya ω1, ω2 dan ω3 diketahui. Diinginkan untuk menentukan massa Me pada sebuah jari-jari 88,9 mm dan posisi menyudutnya ωe yang diperlukan untuk membuat keseimbangan baik secara statis maupun secara dinamis.





PENYElesaian secara MATEMATIS

Suatu penyelesaian matematis dari persamaan (6) untuk menentukan Me dan ϴe secara sangat mudah dapat dikerjakan dan membuat daftar harga-harga seperti ditunjukkan dalam Tabel berikut.

 



 



dari persamaan (6) :
32,86 + Me Re cos ϴe = 0
365,7 + Me Re sin ϴe = 0                                                     ……………………..(7)
            Me Re cos ϴe =  - 32,86
Me Re cos ϴe = - 365,7                                             ……………………..(8)
                                    Tan ϴe = 11,13

Adalah penting untuk mempeihatikan tanda-tanda dalam persamaan (8) untuk dapat menentukan kuadran yang tepat untuk ϴ3. Dari persamaan (8) kita lihat bahwa sin ϴe adalah negatif dan cos ϴe adalah negatif. Oleh karena itu ϴe terletak di dalam kuadran ke 3 dan

ϴe  = tan-1 11,13 = 264,9°

Dari persamaan (7)


Peyelesaian secara GRAFIS
Persamaan (6) dapat diselesaikan secara grafis utuk harga-harga Me dan Bt dengan menggambarkan vektor-vektor MRl pada suatu skala seperti ditunjukkan dalam Gambar dibawah ini.




Mengingat vektor MR menyatakan gaya-gaya kelembaman, dimana mereka bekerja secara radial keluar dan harus digambarkan sejajar dengan  terhadap  jari-jari  yang  bersesuaian. Veklor Me Re seperti ditunjukkan diperlukan untuk menyelesaikan segibanyak dan untuk menghasilkan keseimbangan. Harga Me Re, pada waktu diskalakan, diperoleh sebagai 369 unit. Oleh karena itu:
Dalam gambar diatas, ditekan dengan sebuah busur derajat dan didapat = 2660 .
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengantar Reliability Centered Maintenanace Sejarah Maintenance