PELATIHAN PERAWATAN DAN PERBAIKAN MESIN TRAKTOR
PADA KELOMPOK TANI SIDOMULYO DESA LEBAKGOWAH
KECAMATAN LEBAKSIU








Oleh:

1.  M. Agus Shidiq, ST. MT.             (KETUA)





1.      PENDAHULUAN
A.   Analisis Situasi
Para petani di daerah Lebakgowah, Lebaksiu telah memanfaatkan dan menggunakan mesin traktor sebagai pengganti bajak sawah untuk membajak sawahnya. Tata cara penggunaan dan perawatan mesin traktor dalam pemakaian sangat tidak teratur dan cenderung diabaikan. Hal ini tentu akan mengakibatkan kerusakan dan memperpendek usia mesin traktor tersebut. Untuk mencegah kerusakan yang lebih cepat dan untuk memperpanjang usia kegunaan mesin tersebut maka  ini sangat penting diperhatikan.
Di daerah Lebakgowah, Lebaksiu sudah banyak mesin traktor yang telah digunakan untuk membajak sawah, namun karena kurangnya sumber daya manusia sebagai mekani(repairman) dan minimnya pengetahuan tentang tata cara penggunaan mesin traktor dengan benar,  maka akan mempengaruhi daya tahan mesin traktor tersebut. Ditambah lagi para petani sangat jarang untuk melakukan perawatan dan pemeliharaan, kadang-kadang mesin sangat cepat mengalami kerusakan dan harus diganti komponennya. Bahkan akan lebih menguntungkan untuk mengganti dari pada memelihara.

B. Perumusan Masalah
Pemilihan tempat di kelompok tani desa Lebakgowah Kec. Lebaksiu, disebabkan karena adanya suatu kenyataan didapat, masih minimnya pengetahuan tentang cara perawatan dan pemeliharaan mesin traktor. Tingkat penggunaan mesin traktor yang rutin dan aktifitas sebagai seorang petani sudah menyebabkan kemalasan dan  keengganan untuk merawat dan memelihara mesin traktornya.
Permasalahan berikutnya, adalah mahalnya onderdil dan biaya servis memungkinkan mesin traktor dipakai dalam sekali saja, setelah itu rusak dan di biarkan tidak diperbaiki atau dibawa ke bengkel untuk di servis.
Dari analisis situasi tersebut dapat dirumuskan yaitu bagaimanakah cara agar kami dari pihak perguruan tinggi Universitas Pancasakti Tegal dapat membantu para petani untuk merawat dan memperbaiki kerusakan ringan pada mesin traktor.

2.      TINJAUAN PUSTAKA
Tujuan dari Kegiatan ini adalah:
    1. ·    Untuk menjamin kesediaan Mesin Traktor agar seluruh komponen dan peralatan yang dipasang untuk membajak siap pakai setiap saat.
  1. ·         Menjaga usia mesin traktor lebih lama beroperasi.
  2. ·         Untuk menjamin kesiapan Operasional dari seluruh peralatan yang diperlukan dalam keadaan darurat setiap saat.
  3. ·         Untuk menjamin keselamatan orang yang menggunakan mesin tersebut.
  4. ·         Mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada bagi masyarakat khususnya bidang pelayanan pertanian.
  5. ·         Membantu dalam peningkatan mutu pelayanan pada masyarakat tegal umumnya.
  6. ·         Meningkatkan semangat dalam berdisiplin kerja.
  7. ·         Mendorong terciptanya karya ilmiah lainnya untuk membangun masyarakat sekitarnya yang lebih baik.


3.      MANFAAT
a.      Potensi Sosial Ekonomi
 Dengan adanya pelatihan dan informasi tentang tata cara perawatan mesin traktor diharapkan akan menambah pengetahuan bagaimana menjaga dan merawat mesin agar lebih awet, siap pakai dan memperpanjang operasional mesin tersebut. Tentunya ini akan mengurangi biaya untuk servis atau mengganti pembelian onderdil. Secara sosial ekonomi menghemat biaya dan dan waktu operasi. Kemampuan ekonomi masyarakat secara tidak langsung terus menerus berkelanjutan, karena mesin lebih lama beroperasi dan tidak cepat rusak. Dengan diperolehnya pengetahuan tentang perawatan mesin ini tentu akan sangat berarti bagi masyarakat karena akan merawat dan memperbaiki sendiri jika terjadi kerusakan ringan sehingga tidak banyak waktu terbuang secara percuma. Orang tersebut diharakan dapat melanjutkan membjak tanpa harus menunggu mesinnya di servis atau diperbaiki. Jika keadaan ini dikemas dalam tatanan hidup dan kehidupan masyarakat, maka akan menghasilkan potensi sosial ekonomi daerah yang baik dan penghasilan pertanian diharapkan semakin meningkat.

b.            Dampak Ikutan
Dari pelatihan ini diharapkan adanya peningkatan pengetahuan tentang cara-cara perawatan dan perbaikan mesin traktor secara sederhana di kelompok tani Sidomulyo desa Lebakgowah Kec. Lebaksiu. Selanjutnya diharapkan para petani sebagai peserta pelatihan dan masyarakat sekitar dapat merawat dan memperbaiki mesin sendiri.

c.                   Nilai Tambah Bagi Perguruan Tinggi dan Pemerintah
Bagi Universitas Pancasakti Tegal kegiatan penerapan perangkat lunak ini akan sangat bermanfaat sekali dalam meningkatkan kualitas tri dharma perguruan tinggi untuk mencapai universitas yang unggul. Kegiatan ini juga merupakan salah satu wujud peningkatan kesejahteraan masyarakat dalam peningkatan proses pelayanan dalam dunia industri dan mesin.           

4.        KELAYAKAN PENGUSUL
A.        Susunan Personil
Ketua          :  M. Agus Shidiq, ST.
Anggota     :  Mustaqim, ST. M.Eng.
                      Drs. Drajat Samyono, MT.
                      Ir. Soebyakto, MT.

B.   Jadwal Kegiatan

JADWAL KEGIATAN PENGABDIAN MASYARAKAT

PELATIHAN PERAWATAN DAN PERBAIKAN MESIN TRAKTOR


















WAKTU PELAKSANAAN

NO.
JENIS KEGIATAN
Oktober
November
Desember



1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4

1
 Persiapan














a.      Penyusunan Proposal














b.      Pengajuan Proposal













2.
Kunjungan ke Kelompok Petani













3.
1. Menyediakan bahan ajar














2.      Menyediakan peralatan













4.
 Pelatihan bagi para Petani













5.
 Simulasi / Praktek













6.
Penyusunan laporan





























a.         Skema Kegiatan
Perguruan Tinggi Universitas Pancasakti Tegal (UPS), Fakultas Teknik, layak  apabila dipercaya untuk memberikan pelatihan untuk para petani sehingga mereka mendapatkan pengetahuan dan pembelajaran tentang perawatan dan perbaikan mesin traktor sehingga mesin traktornya akan lebih awet dan kenyamanan bekerja saat membajak sawah lebih lama.
Hampir setiap dosen UPS Kota Tegal, memiliki program kerja dalam melaksanakan pekerjaannya untuk mewujudkan Tri Darma Perguruan Tinggi. Dengan memberikan informasi dan pengetahuan di bidang mesin tentu akan menambah pengetahuan bagi dosen secara nyata dilapangan agar lebih mengenal permasalahan-permasalahan yang terjadi luar sana.

2.      PERSONALIA TIM PELAKSANA

Tim terdiri dari dosen pengajar yang mempunyai latar belakang keteknikan yang relevan untuk merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi kinerja mesin traktor sehingga dapat meningkatkan performa dan kerja mesin traktor.


DAFTAR PUSTAKA


Toyota. 1987., Dasar-dasar Automobil, Jakarta :PT. Toyota Astra Motor.

Toyota. 1998., New Step 1 dan 3 , Training Manual, Jakarta :PT. Toyota Astra Motor

Wiranto Arismunandar, Koichi Tsuda, 1975 “Motor Diesel Putaran Tinggi”, Jakarta, Pradnya Paramita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEMBUAT SEIMBANG MASSA-MASSA YANG BERPUTAR

Pengantar Reliability Centered Maintenanace Sejarah Maintenance