REDESAIN
PISTON MODIFIKASI GM.1-54/50/13 PADA
PENGGUNAAN ETHANOL-100
M. Agus Shidiq
Dosen Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas
Pancasakti Tegal
Kontak Person :
Perum Griya Indah Slawi Blok D-11 Dukuhwringin
Slawi Tegal
Telp. 08562627055 Email: agus.upstegal@gmail.com
Abstrak
Salah satu cara
memperbesar tenaga motor adalah dengan menambah Kompresi, biasanya hal ini kita
dapatkan dengan main papas head, mengurangi jumlah gasket atau merubah bentuk
head piston. Piston ini merupakan pengembangan (hasil modifikasi) dari piston
standar Honda Vario 110 cc yang dimodifikasi pada bagian kepala piston. Hal ini
dikarenakan penggunaan Ethanol sebagai bahan bakar maka perlu penyesuain piston
untuk menunjang proses pembakaran yang lebih sempurna. Kepala piston memiliki
bentuk yang lebih menonjol 5 mm bila dibandingkan dengan ukuran standar. Dengan
proses pengelasan, alumunium ditambahkan pada kepala piston, sehingga bentuk
kepala piston menjadi lebih menonjol. Kemudian dilakukan pembentukan ulang
dengan proses pembubutan dan Milling
pada kepala piston sehingga bentuk kepala piston kembali disesuaikan dengan
bentuk ruang bakar. Sehingga dapat tercapai perbandingan kompresi senilai 13 :
1.
Hasil pengujian lapangan yang menunjukan dampak positif pada tenaga
dan konsumsi bahan bakar adalah dikarenakan semakin sempurnanya pembakaran pada
saat perbandingan kompresi dinaikan menjadi 13 : 1. Ketahanan mesin tetap
terjaga dikarenakan kekuatan komponen Honda Vario 110 cc masih mampu menahan
kenaikan tekanan dan temperatur pada saat tekanan kompresi dinaikan. Suara
mesin yang sedikit lebih berisik dari kondisi standar dikarenakan oleh
meningkatnya tekanan pembakaran pada saat kompresi dinaikan menjadi 13 : 1.
Dikarenakan oleh berubahnya konsentrasi bobot piston modifikasi GM.1–54/50/13
akibat dari bentuk kepala piston yang berbeda dari kondisi standar.
Kata
Kunci : Ethanol, Kompresi, Piston.
Komentar
Posting Komentar